Skip to main content

Di Ganjar 1 Tahun Penjara, Novel Baswedan : Buruknya Hukum di Negeri Ini !

dok/medan.tribunnews.com


Tuntutan hukuman 1 tahun kepada dua tersangka kasus Penyiraman Novel Baswedan, Rahmat Kadir dan Ronny Bugis, dua orang tersebut mendapatkan ejekan serta cacian pedas dari publik tanah air.

Selaku korban, penyidik senior KPK, Novel Baswedan mengutarakan bahwa ini bukti buruknya hukum di Indonesia, dan norma keadilan pun tidak di perhatikan.

"Saya melihat ini hal yang harus disikapi dengan marah. Kenapa? Karena ketika keadilan diinjak-injak, norma keadilan diabaikan, ini tergambar bahwa betapa hukum di negara kita nampak sekali compang-camping," kata Novel dalam video yang diterima Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Menurutnya, peristiwa yang dialami dirinya ini merupakan penganiayaan level berat karena direncanakan menggunakan air keras, serta menyebabkan luka berat pada matanya.

Tetapi kata Novel, dia tidak habis pikir gantarannya hanya berlaku 1 tahun penjara, Novel pun geram.

"Bayangkan, perbuatan selevel itu yang paling maksimal itu dituntut setahun dan terkesan penuntut justru bertindak seperti penasihat hukum atau pembela dari terdakwanya, ini hal yang harus diproses, dikritisi," kata Novel.

Bukan sampai disana kekesalan Novel, ia pun mendesak Presiden Jokowi untuk segera turun tangan melihat buruknya hukum di negeri ini.

Disisi lain, Yudi Purnomo (Ketua Wadah Pegawai KPK) mengatakan, jaksa penuntut umum semestinya menjadi representasi dari negara dalam memastikan terwujudnya keadilan melalui proses penegakan hukum. 

"Komitmen presiden untuk mendukung pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan karena faktanya proses penegakan hukum terhadap kasus ini berjalan lama dengan hasil akhir yang tidak memberikan keadilan bagi korban dan menunjukan lemahnya dukungan terhadap pemberantasan korupsi," kata Yudi.

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2020/06/13/08504481/tuntutan-ringan-bagi-penyerang-novel-bukti-hukum-compang-camping-hingga?page=all
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar