Skip to main content

Banjir Rendam Tiga Kampung di Kecamatan Sukaresik Tasikmalaya

Banjir yang terjadi di tiga kampung, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, merupakan banjir rutin


Banjir yang menggenangi tiga kampung di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, merupakan banjir rutin tahunan.

Tiga kampung yang terendam banjir ialah kampung Bojongsoban, Bojongwaru dan Hegarsari ini. Warga sudah hafal bila hujan turun sore hingga malam hari, dipastikan genangan akan muncul subuh atau dini hari.

"Sudah dari dulu, sebelum saya lahir, banjir di sini sudah ada," kata Ajang (32), warga Kampung Bojongsoban.

Menurut kepala Desa Tanjungsari, Amas, mengatakan, banjir yang melanda tiga kampung itu akibat meluapnya Sungai Citanduy dan Cikidang yang mengapit ketiga kampung tersebut.

"Pemerintah pusat melalui BBWS sejak dulu sudah membuat tanggul di sejumlah titik luapan kedua sungai itu. Namun diduga terjadi pendangkalan, banjir tetap terjadi," kata Amas.

Pendangkalan terjadi, menurut Amas, karena tingginya erosi di kawasan hulu kedua sungai.

Upaya penanggulangan juga secara rutin dilakukan BPBD, Polsek, Koramil aparat kecamatan serta relawan.

"Banjir kali ini tidak terlalu besar, karena tidak sampai merendam sekolah. Biasanya, air meluap hingga masuk sekolah dan Puskesmas. Untungnya tidak ada kegiatan belajar anak-anak karena covid 19," tutup Amas.

Sumber: jabar.tribunnews.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar